Bingung Ingin Membuat Surat, Perhatikan Dulu Jenisnya yang Mana Nih

Terdapat berbagai Jenis Jenis Surat, tentunya Berlandaskan standar tertentu. Mungkin di pikiran teman jenis surat ya yang dimasukkan amplop kemudian dikirim lewat JNE. Yang jelas jenis surat tidak hanya itu.

Nah untuk melengkapi uraian perihal Surat, pada kesempatan ini Kami akan berusaha menjabarkan terkait Jenis Jenis Surat dengan terperinci yang pasti.

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, ada beraneka macam jenis surat yang biasa tersebar di masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengetahui bermacam-macam bentuk surat. Surat-surat itu dapat dikelompokkan sesuai ketentuan-ketentuan berikut.

A. Berdasarkan Bentuk Surat

1. Kartu Pos

Kartu pos merupakan surat terbuka yang terbuat dari kertas dengan skala 10 x 15 cm. Cetakan kertas surat ini biasanya tebal, Makanya berbentuk kartu. Fungsi surat ini untuk meneruskan kabar yang padat.

Tapi amanat yang tertera dapat diketahui oleh orang lain yang tidak memiliki hak sebab berada di halaman terbuka. Jenis surat ini biasanya terdapat di kantor pos.

2. Warkat Pos

Warkat pos merupakan surat tertutup yang terbuat dari secarik kertas. Surat kayak ini boleh dilipat menjadi amplop. Olehnya itu, halaman surat ini dapat dipakai juga jadi amplop.

Kegunaan surat jenis ini adalah untuk menyampaikan informasi yang agak panjang pada sehelai kertas. Lembaran surat jenis ini umumnya dijual di kantor pos.

3. Telegram

Telegram adalah jenis surat yang membawa kabar yang relatif pendek yang biasanya dikirim menggunakan jasa pesawat telegram. Surat ini nanti tiba ke target dalam waktu yang ringkas.

4. Surat Bersampul

Surat bersampul adalah surat yang diangkut menuju seseorang dengan memanfaatkan sampul surat. Surat jenis ini lah yang kerap kita manfaatkan dalam berkomunikasi.

Keunggulan surat ini daripada bentuk surat yang lain ialah lebih terpelihara kerahasiaan isinya dan lebih nyaman dalam mengukir isi surat dan lebih sopan pada surat menyurat.

B. Sesuai Pembuatan Surat

1. Surat Pribadi

Jenis surat ini dibuat atas nama individu seseorang serta berisi masalah pribadi pengirim, baik yang ditujukan untuk teman, keluarga ataupun perusahaan khusus. Contoh surat ini ialah surat kepada kerabat, surat lamaran kerja, dan surat permohonan izin bangunan.

2. Surat Resmi

Surat resmi dibuat suatu organisasi tertentu yang dikhususkan kepada pribadi atau instansi tertentu lainnya.

Berdirinya instansi itu diabsahkan secara hukum. Contoh surat resmi ialah surat dinas, surat niaga, dan surat sosial.

C. menurut Amanat Surat

1. Surat Keluarga

Surat keluarga merupakan surat yang memuat persoalan kekeluargaan. Contoh surat keluarga diantaranya surat kepada ibu-bapak, adik, dan sahabat.

2. Surat Setengah Resmi

Surat setengah resmi adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang untuk organisasi tertentu. Jenis surat ini contohnya surat pengalaman kerja, permohonan IMB dan surat permohonan cuti kerja.

3. Surat Sosial

Surat sosial ialah surat yang dibuat oleh lembaga sosial kepada seseorang, majlis, atau institusi khusus yang umumnya berisi beraneka masalah sosial. Misalnya, surat permintaan dana dan edaran untuk kerja sosial.

4. Surat Niaga

Surat niaga adalah surat yang ditulis oleh sebuah institusi perniagaan dengan pesan berdagang. Contoh jenis surat ini adalah surat penawaran harga, atau pesanan barang.

5. Surat Dinas

Surat ini membahas masalah kepemerintahan dari suatu instansi. Surat ini biasanya diperuntukkan kepada lembaga lain, perorangan dan organisasi tertentu. Misalnya, surat keputusan dan lainnya.

6. Surat Pengantar

Surat ini ditujukan untuk perorangan atau lembaga sebagai referensi seseorang untuk berhubungan bersama kelompok penerima surat.

D. Berlandaskan Keamanan Memo Surat

1. Surat Sangat Privat

Surat ini mengandung pesan arsip serius yang berhubungan dengan urusan suatu perusahaan.

Jenis surat ini dikirim dengan menggunakan tiga buah kemasan. Pada sampul awal dituliskan tanda SR yang merupakan singkatan dari “Sangat Rahasia”.

Pada sampul selanjutnya dituliskan kode SRS, yakni ringkasan dari “Sangat Rahasia Sekali” dan dibubuhi stempel untuk menunjukkan kelengkapan amanat surat. Pada bungkusan luar dibuat umum agar tidak mengundang kecurigaan pihak lain.

Surat jenis ini, misalnya surat dari perwakilan luar negeri, surat untuk negara-negara tetangga, dan surat arsip kepolisian.

2. Surat Rahasia

Jenis surat ini berisi dokumen ringan yang pesannya hanya pantas dilihat oleh beberapa pejabat tertentu atau yang berkuasa pada sebuah perusahaan. Pengantaran surat ini memakai dua jenis sampul.

Sampul pertama dituliskan tanda R atau RS yakni ringkasan dari “Rahasia” atau “Rahasia Sekali” dan disegel, sementara sampul kedua tidak diberi kode apa pun. Surat macam ini contohnya surat tentang konduite pejabat dan surat arsip sebuah instansi.

3. Surat Konfidensial

Surat yang isinya sekedar layak diketahui oleh sebagian pejabat khusus karena wasiatnya menghendaki sikap kebijakan dari beberapa pegawai tersebut. Misalnya surat keputusan rapat direksi dan usulan peningkatan seseorang.

4. Surat Biasa

Surat biasa adalah surat yang isinya boleh dilihat oleh pihak lain tanpa mengakibatkan mudhorat bagi kelompok mana pun. Misalnya, surat edaran dan surat undangan.

E. Berdasarkan Arti Umum

1. Surat Terbuka

Surat terbuka adalah surat yang dikirim kepada kubu lain, baik perorangan ataupun kelompok yang biasanya dimuat di sarana umum atau diedarkan dengan transparan.

2. Surat Tertutup

Surat tertutup adalah surat yang cara pengirimannya dilapisi sampul lantaran isinya tidak layak dibaca oleh orang lain.

3. Surat Kaleng

Surat kaleng adalah surat yang pengantarannya tidak mencantumkan identitas dan asal penulis dengan terang.

Penulis surat ini ngak bertanggung jawab dari pesan surat. Akan tetapi untuk sebagian hal harus pula dibaca oleh penerima surat amanat pada surat itu.

Semoga penjelasan ini terkait macam-macam surat bisa bermanfaat untuk kawan sekalian. Dan bila sobat melihat kekhilafan, entah dari segi penulisan ataupun penjelasan, mohon saran yang membangun untuk perkembangan pendidikan Indonesia. Terima kasih

Tags: No tags

Leave a Comment